Kamis, 06 Juni 2013

SURAT AL-ISRA AYAT 23-24 PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM

A. Teks Ayat dan Terjemahan Surat Al Isra : 23-24
Surat Al Isra : 23
وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاَهُمَا فَلاَ تَقُل لَّهُمَا أُفٍّ وَلاَ تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلاً كَرِيماً
Dan Tuhanmu telah perintahkan, supaya engkau tidak menyembah melainkan kepadaNya semata-mata, dan hendaklah engkau berbuat baik kepada ibu bapa. Jika salah seorang dari keduanya, atau kedua-duanya sekali, sampai kepada umur tua dalam jagaan dan peliharaanmu, maka janganlah engkau berkata kepada mereka (sebarang perkataan kasar) sekalipun perkataan "Ha", dan janganlah engkau menengking menyergah mereka, tetapi katakanlah kepada mereka perkataan yang mulia (yang bersopan santun). 
Surat Al Isra : 24
وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً
Dan hendaklah engkau merendah diri kepada keduanya kerana belas kasihan dan kasih sayangmu, dan doakanlah (untuk mereka, dengan berkata): "Wahai Tuhanku! Cucurilah rahmat kepada mereka berdua sebagaimana mereka telah mencurahkan kasih sayangnya memelihara dan mendidikku semasa kecil."
B. Tafsir Surat Al Isra : 23-24 (Tafsir Ibnu Katsir)

  • Allah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk menyembah Dia semata, dengan tidak menyembah selain Dia.
  • Selanjutnya perintah untuk berbakti kepada orang tua, dengan cara berbuat baik kepada orang tua, tidak membentak mereka, bertutur sapa baik terhadap kedua orang tua, berlaku sopan santun kepadanya dengan penuh rasa hormat dan memuliakannya, berdoa untuk mereka bilamana keduanya telah meninggal.

C. Tafsir Surat Al Isra : 23-24 (Tafsir Al-Misbah)

  • Kaum muslimin memiliki kedudukan yang sangat tinggi dibanding dengna kaum yang mempersekutukan Allah SWT.
  • Berbakti kepada orang tua yang diperintahkan agama Islam adalah bersikap sopan santun kepada keduanya dalam ucapan dan perbuatan.
  • Anak diperintahkan untuk mendoakan kedua orang tuanya.
  • Memberi tuntunan kepada anak agar berbakti kepada orang tua secara bertahap. Dimulai dengan tidak berkata "ah", mengucapkan kata-kata yang mulia, berperilaku yang menggambarkan kasih sayang, dan yang terakhir mendoakan orang tua.


D. Butir-Butir Penting dari Surat Al Isra : 23-24
  1. Banyak hadits yang menganjurkan anak berbakti kepada orang tua dan mengutuk orang yang durhaka kepada kedua orang tua.
  2. Ridho Allah SWT adalah ridho orang tua. Murka-Nya adalah murka orang tua.
  3. Berbuat baik kepada orang tua akan memanjangkan usia.
  4. Anak-anak harus merendahkan diri di hadapan orang tua.
  5. Setiap anak harus mendoakan ornag tuanya agar Allah senantiasa mencurahkan rahmat-Nya.
E. Pesan-Pesan yang Terkandung dalam Surat Al Isra : 23-24

  1. Mengesakan Allah SWT adalah pesan Tuhan yang paling penting dan berbakti kepada orang tua adalah salah satu sifat mengesakan Allah.
  2. Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban anak yang tidak pernah selesai untuk ditunaikan.
  3. Jangan titipkan orang tua yang sudah renta di panti jompo atau semacamnya, anak-anaknya bertanggung jawab mengasuhnya.
  4. Doa anak terhadap orang tua sangat mustajab.
  5. Orang tua harus mendidik anaknya dengan penuh kasih sayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar